Pabrik, Distributor, Agen, Toko, Supplier, Jual Material Konstruksi Bangunan Online di Indonesia

Home Top Ad

Pusat Bahan Bangunan Termurah di Indonesia

Cara Pemasangan Dak Beton Bondek Dan Keuntungan Memakai Bondek Beton Cara Pemasangan Bondek untuk dak Beton Bondek - Terima Kasih tel...

CARA PEMASANGAN DAN KEUNTUNGAN MEMAKAI BONDEK

Cara Pemasangan Dak Beton Bondek Dan Keuntungan Memakai Bondek Beton

Cara Pemasangan Bondek untuk dak Beton dan Keuntungan Menggunakan Bondek Untuk Dak Beton

Cara Pemasangan Bondek untuk dak Beton

Bondek - Terima Kasih telah berkunjung di web Kami Aneka Baja kali ini kami jelaskan Cara Pemasangan Dak Beton Bondek dan keuntungannya, tapi sebelumnya akan kami uraikan mengenai bondek.

Bondek (bondeck) / Pengganti kayu adalah sejenis plat lantai berlapis galvanis atau yangsering disebut dengan Structural Floor Decking (Struktur Plat Lantai) yang berfungsi sebagai alternatif pengganti sistem konvensional yang selama ini menggunakan triplex sebagai bekisting cor plat lantainya.

Berbeda dengan triplex yang hanya berfungsi sebagai bekisting, plat bondek memiliki kelebihan yaitu sebagai bekisting tetap dan berfungsi sebagai tulangan positf pada struktur plat lantai.

Pemasangannya cukup mudah yaitu sewaktu kita buat bekisting balok sekalian digelar bondeknya. overlapping antar bondek langsung klip tdk menggunakan baut atau las.

Untuk hubungannya dengan balok adalah pakai shear connector yg dilas ke tulangan balok (bila balok dr beton atau kw wf bila balok er baja) Bila tdk mau beli shear connector cukup pakai besi beton, potong kira2 15cm, las ke bondek dan ke besi balok.

Pengecorannya barengan dengan balok.kemudahan bondek adalah tdk perlu pakai perancahatau scafolding dibawahnya, dan tdk perlu dibuka lagi.tulangannya pun hanya selapis karena profilbondek juga sebagai tulangan positif.

Lebar efektif bondek yg ada sekarang adalah 1m tp tipe lama ada jugayg 760mm, tebal 0,7mm minimal, bahan galvanis dan panjang terwerah kebutuhan. Bisa sampai 12m tp untuk memudahkan bawanya kalau bisa kurang dari 8m. panjang bisacutting list sesuai kebutuhan.

- Dibagian tepi digunakan Shear Stud
- Antar Bondek tidak dilas, hanya Overlap.

bondex bisa diorder smp panjang 8m (utk mengurangi sambungan), ini cocok utk rangka baja dimana material bondex berada diatasa profil bajanya (tp tetep saja bentang antar profilnya umumnya 4m).

kalo utk struktur beton, bondexnya ya tinggal di tumpangin diatas bekesting dinding balok. balok sama pelat yang pake bondeknya itu dibuat monolit...jadi bukan sekedar cuma menumpu di atas balokan.

Bondek dengan struktur penopang kayu menurut saya bisa saja tapi harus dengan jarak yang lebih rapat, sehingga percuma memakai bondek karena keuntungan bondek adalah memberikan lebih banyak memberikan ruang bebas dibawahnya dan tidak perlu cabut bekisting.Kalau dengan stuktur kayu saya rasa lebih tepatmenggunakan grc 15mm untuk lantainya.

Kesalahan yang sering dijumpai adalah shear connector nya terlalu jarang atau lupa dipasang sehingga menyusul dengan cara di bor dan ditancapkan.

Metode pengeboran untuk menancapkan shear connector ini sudah benar, tapi karena di daerah sambungan ini terjadi tegangan, maka pemasangan shear connector lebih baik menggunakan chemical set (Lem khusus), seperti Hilti, Ramset, Fischer.

Agar tidak terjadi retak pada permukaan atas plat betonnya. Dan lagi saat mau dilakukan cor, jangan lupa memasang perancah dibawah bondek, utk menghindari lendutan.

demikian Cara Pemasangan Dak Beton Bondek semoga bermanfaat.

Keuntungan Menggunakan Bondek Untuk Dak Beton


Berikut 6 Keunggulan Memakai Bondek, antara lain:

1. Profil Pelat Lantai
Dengan bentuk gelombang yang kokoh dan adanya tonjolan (embossment) yang terdapat disetiap sisi-sisi rusuk (atas dan miring) memberikan sifat monolit yang baik antara pelat lantai dengan beton dan juga memiliki kapasitas yang besar dalam mendukung beban-beban yang bekerja.

2. Efisiensi Beton
Pemakaian pelat lantai baja ini juga dapat menghemat volume beton sebesar 17 s/d 25%.

3. Transportasi yang Ringkas
Pelat lantai baja ini dapat dipesan sesuai dengan panjang yang diperlukan diusahakan panjang maksimum 12 m.

4. Cepat dan Mudah Dalam Pemasangan
Pemasangan pelat lantai ini dapat menutupi area yang luas karena pemasangan lembarannya dapat langsung menutupi 2 sampai 3 bentang dan dilakukan dengan waktu yang singkat. Dengan begitu dapat menghemat perancah dan tiang-tiang penyangga.

5. Tiang Penyangga Sementara
Tiang penyangga sementara ini diperlukan untuk meniadakan lendutan panel pelat lantai pada saat umur beton masih basah. Tiang penyangga dapat dilepas setelah beton berumur 7 sampai 14 hari. Pembebanan penuh pada pelat lantai komposit ini dapat diberikan setelah umur beton mencapai 28 hari dimana kekuatan beton telah tercapai.

6. Ketahanan Terhadap Kebakaran
Berdasarkan pengujian bahwa tingkat ketahanan api pada lantai komposit ini dapat mencapai 2 jam dengan stabilitas dan integritas yang baik.

Demikian sekilas penjelasan tentang cara pemasangan bondek untuk dak beton dan keuntungan serta efesiaiensinya menggunakan Bondek untuk dak lantai Beton Bangunan.

Info Pemesanan Bondek dan Atap Spandek hubungi Marketing :

Bapak Kholil
Telpon : 0813 8154 6683

Bapak Maskur
Telpon : 0821 1011 9603


untuk cek harga Bondek Klik di sini HARGA BONDEK PER METER 2021